Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pertama saya sudah menjelaskan tentang Mengenal sistem bilangan oktal, biner, desimal, dan heksadesimal . Kemudian dilanjutkan ke pembahas...

Pengertian Byte, Niblle


Pertama saya sudah menjelaskan tentang Mengenal sistem bilangan oktal, biner, desimal, dan heksadesimal. Kemudian dilanjutkan ke pembahasan cara mengonversi antar basis bilangan, Dan sekarang saya akan membahas tentang Pengertian byte, niblle dan Estimasi Satuan Ukuran.




Oke, langsung saja ke topik pembahasan :).




Apakah BYTE, NIBLLE itu???



Bit (binary digit) adalah satuan bilangan biner yang paling sederhana. Dalam merepresentasikan data bilangan biner biasa digunakan satuan yang lebih besar yaitu byte. Byte adalah satu grup bilangan yang terdiri dari 8 bilangan biner (bit). Ukuran data yang disimpan dalam komputer biasanya menggunakan byte bukan bit.






Niblle adalah satu grup bilangan yang terdiri dari 4 bit sering juga disebut dengan setengah byte. Mengingat satu digit bilangan heksadesimal terdiri dari 4 bit bilangan biner maka satu digit bilangan heksadesimal bisa di simpan dalam satu niblle dan dua digit heksadesimal disimpan dalam satu byte. Walau demikian istilah niblle saat ini jarang digunakan . Istilah lain yang sering digunakan adalah Word. Satu word terdiri dari beberapa byte. Jumlah bayte dalam satu word berbeda-beda, ditentukan oleh perancang sistem.






Dalam satu grup bilangan, posisi bit yang berbeda diujung paling kanan disebut bit yang kurang berarti (least significant bit, lsb) dan bit yang berada pada urutan terahkir paling kiri disebut sebagai bit paling berarti (most significant bit, msb). Dalam sebuah word yang terdiri dari beberapa byte berlaku juga istilah byte yang kurang berarti (least significant bit, LSB) untuk byte yang posisinya paling kanan dan byte paling berarti (most significant bit, MSB) untuk byte paling kiri. Di sini dibedakan dengan huruf b untuk bit dan B untuk byte.








Estimasi Satuan Ukuran



Ukuran yang digunakan dalam menghitung data komputer menggunakan istilah yang sama dengan ukuran dunia nyata seperti istilah kilo, mega, dan giga. Bukan tanpa alsan penggunakan istilah-istilah tersebut. Terdapat kesesuaian walaupun tidak sama persis antara istilah-istilah yang digunsksn dalam komputer dengan istilah-istilah dalam dunia nyata. Kesetaraan istilah dalam satuan komputer dengan dunia nyata sebagai berikut untuk satuan 1 kilo dalam dunia nyata bisa untuk menunjukan kelipatan 1000 dari satuannya.



Dalam dunia komputer satua 1 kilo adalah 2 = 1024 = 10 ( 1000 ). Disini terlihat bahwa iatilah 1 kilo dalam komputer (1024) mendekati nilai 1000 yaitu istilah 1 kilo dalam dunia nyata. Istilah kilo ( bahasa yunani untuk seribu) dalam komputer menujukan nilai 2. Misal, 2 byte adalah 1 kilo (1KB). Begitu juga, mega (juta) menujukan 2 = 10, dan giga (milyar) menujukan 2 = 10. Terdapat kesetaraan antara istilah yang digunakan dalam dunia komputer dengan dunia nyata. Dapat dijadikan sebagai estimasi besarnya data.



Contoh :



Estimasikan nilai 2 tanpa menghitung



Solusi:

pisahkan kelipatan eksponen kelipatan sepuluh dan sisanya. Dalam hal ini



2 = 2 x 2 dimana 2 = 1 juta dan 2 = 8

2 = 8 juta

Secara real 2 = 8.388.608, angka 8 juta cukup dekat dengan angka realnya.



Mudah kan :). Sedikit penjelasan untuk byte niblle dan Estimasi Satuan Ukuran ini paling penting bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui komponen-komponen dalam komputer kalian.



Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran untuk kalian yang masih duduk di Universitas yang mengambil jurusan Organisasi dan Arsitektur Komputer, Embedded System, Microcontroller, Pemodelan Perangkat Keras, dan anak SMK yang mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan).

0 coment�rios: